Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Naik Kelas

Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian Naik Kelas

Cara Belajar Efektif Menjelang Ujian baik Naik Kelas maupun Ujian Nasional


Selama ini, kita sering bergadang ketika belajar, terutama menjelang ujian, juga menumpuk banyak buku yang harus dibaca. Terlihat dengan jelas bahwa kita berusaha keras banget dalam belajar. Seperti hasil penelitian American Phychological Association, cara belajar yang sering dilakukan, seperti membaca buku yang banyak di tempat yang sama, menghabiskan waktu sampai berjam-jam hanya untuk berkonsentrasi memahami satu topik, enggak menjamin kita memahami materi tersebut untuk waktu yang lama.

Hal ini didukung juga oleh penelitian yang dilakukan oleh National Survey of Student Engagement di Amerika Serikat pada tahun 2012 yang lalu. Penelitian tersebut menemukan rata-rata siswa belajar selama 15 jam per minggu, di luar jam belajar di sekolah. Dan, nggak selamanya hal itu berhasil membuat siswa sukses belajar. Ternyata tidak ada kaitan antara lama belajar dengan hasil yang diperoleh. Yang paling penting adalah cara belajar siswa yang efektif. Berikut adalah tip buat adik-adik agar bisa belajar efektif dan berhasil lolos dalam ujian.

LATIHAN SOAL

Salah satu cara yang mudah agar dapat memahami materi yang sedang dipelajari adalah dengan rutin berlatih menjawab soal, terkait dengan materi tersebut. Kita juga dapat memperkirakan suasana ujian nantinya dan membantu mencaritahu sejauh mana materi yang kita pahami. Disaat menghadapi ujian yang sebenarnya nanti, anda bisa sedikit lebih rileks dan lebih percaya diri.
Begitu selesai menuntaskan satu soal, cari tahu jawab dan penjelasan tentang soal tersebut. Bisa juga dengan menjawab beberapa soal dalam waktu yang sama, terkait dengan satu materi, sehingga anda bisa memahami lebih jelas lagi.

TANYA JAWAB SENDIRI

Disamping menjawab pertanyaan yang sudah ada, anda juga bisa membuat pertanyaan sendiri. Dan Anda juga sendiri yang membuat jawabannya. Psikolog dari Universitas Louisville, Keith Lyle, mengungkapkan bahwa siswa yang aktif mengembangkan pertanyaan dari materi yang pernah dibacanya maka akan mendapat hasil ujian yang lebih baik. Beliau menyarankan, untuk gampang memahami suatu topik, ketika anda membaca informasi yang terkait dengan materi, kemudian kembangkan pertanyaan seputar materi tersebut.

BELAJAR DARI BANYAK SUMBER

Zaman sekarang ini begitu banyak media tempat belajar, salah satunya adalah blog yang sedang anda baca ini. Gunakan Internet sebagai sarana untuk menimba ilmu sehingga otak anda lebih efektif serta lebih mudah dalam mencerna suatu informasi. Di samping itu juga bisa membaca buku pelajaran, membaca catatan yang dibuat ketika guru menerangkan pelajaran, mencari informasi tambahan di dunia maya, menonton youtube yang ada kaitan dengan materi yang sedang dipelajari, memahami ilustrasi yang merangkum informasi tersebut dan saling tanya jawab dengan teman.
Hal ini nggak mungkin dilakukan di dalam waktu yang bersamaan, tetapi bisa diakali dengan menggunakan metode berbeda setiap kali belajar. Contohnya hari ini dengan membaca buku pelajaran, besok belajar lagi dengan cara menonton video dan begitu seterusnya.

BEBERAPA SUBJEK DALAM SEHARI

Dalam satu hari di sekolah tentu Anda tidak diajarkan satu mata pelajaran aja khan?? ini ada alasannya kenapa demikian. Maksudnya agar hal ini dapat di aplikasikasikan ketika anda belajar di rumah. Ketika menyerap informasi yang sama dalam rentang waktu yang lama, kita cenderung mudah bingung sehingga akhirnya lupa dengan apa yang dipelajari. Dengan belajar sedikit demi sedikit dan menyerap informasi berbeda, otak punya waktu lebih mencerna apa yang di pelajari.
Misalnya,ketika harus menghadapi ujian matematika, sejarah dan ekonomi. Untuk itu, kita bisa belajar  setiap subjek setiap hari, sedikit demi sedikit ketimbang belajar matemetika saja di hari Senin, lalu esoknya sejarah, dan besok lusa ekonomi.