LATIHAN BERNYANYI UNISONO
Bernyanyi yang baik tidak hanya bernyanyi
dengan suara merdu saja. tetapi juga harus dengan pembawaan lagu yang benar dan tepat. Cobalah anda
bayangkan, betapa lucunya bila kita menyanyikan lagu "Gugur Bunga"
dengan corak nyanyian yang gembira atau lagu "Maju Tak Gentar" dengan
corak nyanyian yang lemah gemulai. Menyanyi yang baik tentu tidak
demikian. Dalam kegiatan bernyanyi, lagu dapat dibawakan oleh satu orang
atau lebih banyak lagi. Kelompok penyanyi yang membawakan lagu lebih
dari 15 orang disebut paduan suara.
Saat bernyanyi dalam paduan suara, para penyanyi yang bernyanyi dalam satu suara disebut dengan menyanyi secara unisono. Satu suara dalam unisono adalah jenis suara yang menyanyikan nada sama. Lalu, apa lagi yang harus kita perhatikan agar kita dapat membawakan lagu dengan merdu sekaligus benar? Kita harus memiliki beberapa keterampilan, di antaranya sebagai berikut.
a | Ketepatan Membidik Nada (Pitch).
Memiliki
suara yang merdu belum tentu mampu bernyanyi dengan indah. Masih
dibutuhkan kemampuan membidik nada untuk dapat menyanyikan lagu dengan
tepat sehingga nyanyian terdengar indah. Kemampuan membidik nada dengan
tepat ini disebut pitch control. Ketidakmampuan membidik nada akan
menyebabkan suara kita menjadi fals (sumbang). Agar kalian memmiliki
kemampuan membidik nada dengan baik dan tepat, lakukanlah latihan
pitching dengan benar.
Untuk
membidik nada yang berinterval dekat masih mudah. Akan tetapi, akan
semakin sulit bila kita membidik nada dengan interval (jarak) yang jauh
dan bervariasi. Berlatihlah dengan nada-nada berinterval seconde sampai
mahir, kemudian untuk nada-nada berinterval terts, kemudian kwart, baru
kwint, dan seterusnya.
![]() |
b. |
Interpretasi Lagu. Kemampuan interpretasi lagu akan menghasilkan dua hal pokok dalam membawakan lagu, yaitu sebagai berikut.
|
1) | kemampuan menafsirkan maksud dan tujuan lagu diciptakan oleh komponisnya. Sebagai contoh, lagu "Gugur Bunga" oleh komponisnya dimaksudkan dan ditujukan untuk mengungkapkan rasa sedih dan hormat atas gugurnya seorang pahlawan. Oleh karenanya, saat kita menyanyikan lagu itu juga harus mampu memunculkan rasa sedih dan hormat tersebut. Kalau perlu sampai pendengar pun ikut merasakan kesedihan dan kehormatan tersebut. | |
2) | pengetahuan yang luas tentang musik sehingga dalam membawakan lagu sesuai dengan tuntutan jenis musik yang diinginkan oleh komponisnya. Sebagai contoh, lagu "Bengawan Solo" tidak akan tepat dinyanyikan dengan gaya rock karena segala unsur lagu tersebut, baik melodi, ritme, maupun harmoninya lebih cocok untuk jenis lagu langgam keroncong. |
Penjiwaan Lagu
Selain
untuk menyampaikan pesan, lagu juga diciptakan untuk mengungkapkan
rasa. Perasaan positif, seperti rasa syukur, gembira, semangat, rasa
hormat, dan rasa sayang dapat diungkapkan dengan lagu. Sebaliknya, rasa
sedih, marah, benci, atau kecewa juga dapat diungkapkan melalui lagu.
Oleh karena itu, kamu harus dapat menangkap nilai rasa dalam lagu saat
kamu nyanyikan. Kemampuan mengungkapkan nilai rasa saat bernyanyi itu
disebut penjiwaan.
Agar dapat menjiwai sebuah lagu, kamu harus dapat
merasakan perasaan pencipta lagu tersebut. Caranya adalah melalui
pemahaman terhadap lirik, ritme, tempo, dinamik, dan unsur lainnya dari
sebuah lagu. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam usaha penjiwaan
terhadap lagu adalah:
a. | Ritme (irama) |
Ritme
berasal dari bahasa Yunani, ritmos, yang berarti mengalir. Dalam bahasa
Indonesia, ritme setara pengertiannya dengan irama, yakni mengalirnya
alunan musik. Dalam mengalirnya sebuah alunan musik, tentu mirip dengan
aliran air sungai. Ada saat deras, ada saat tenang, bahkan berhenti. Ada
saat naik, ada saat turun, dan seterusnya. Plato dan John Dewey
mengatakan bahwa dalam ritme harus ada:
1) | Pergerakan, yang mengalir dan selalu ada perubahan. | |
2) | Keteraturan, yang di dalam lagu ditentukan oleh pemilihan birama |
b. | Birama |
Birama
terbentuk oleh pengelompokan ketukan menjadi unit-unit hitungan. Birama
terdiri atas ketukan-ketukan bertekanan dan tak bertekanan. Ketukan
bertekanan disebut tesis dan ketukan tak bertekanan disebut arsis. Ada
beberapa macam birama yang kita kenal, yaitu:
|
1) | Birama 2/4 Lagu yang tiap ruas biramanya terdiri dari not-not yang bernilai dua ketukan. Contoh: Lagu "Ampar-Ampar Pisang" ![]()
ayunan tangan ke bawah untuk hitungan pertama dan ayunan ke atas untuk hitungan kedua.
| |
Birama 3/4Lagu yang tiap ruas biramanya terdiri dari not-not yang bernilai 3 ketukan. Contoh: "Burung Tantina" ![]() Ayunan tangan ke bawah untuk hitungan pertama, ayunan ke samping untuk hitungan kedua, dan ayunan ke atas untuk hitungan ketiga. | ||
Birama 4/4 Lagu yang tiap ruas biramanya terdiri dari not-not yang bernilai 4 ketukan. Contoh: "Tanduk Majeng" ![]()
Ayunan
tangan ke bawah untuk hitungan pertama, ayunan ke samping kiri untuk
hitungan kedua, ayunan ke samping kanan untuk hitungan ketiga, dan
ayunan ke atas untuk hitungan keempat.
| ||
Birama 6/8 Lagu yang tiap ruas biramanya terdiri dari not-not yang bernilai 6 ketukan untuk not-not 1/8-an. Contoh: "Amelia" ![]()
Keterangan:
Ayunan
tangan ke bawah untuk hitungan pertama, ayunan ke samping kiri untuk
hitungan kedua dan ketiga, ayunan ke samping kanan untuk hitungan
keempat dan kelima, dan ayunan ke atas untuk hitungan keenam.
|
Pada umumnya, sebuah lagu hanya memiliki satu macam birama. Namun, ada pula yang memiliki lebih dari satu macam birama. Jika demikian, pada bagian yang diubah biramanya harus diberi tanda birama yang baru. Gerakan aba-aba konduktor di atas merupakan gerakan dasar. Konduktor boleh menambah gerakan-gerakan tertentu sebagai variasi dan untuk memberikan tanda-tanda dinamik, aksentuasi, dan lain-lain. Akan tetapi, variasi gerakan tersebut sebaiknya tidak menyimpang dari prinsip-prinsip di atas.
Hal
lain yang juga harus diketahui oleh penyanyi dan konduktor (dirigen)
adalah bagaimana menentukan not yang merupakan hitungan pertama. Not
yang merupakan hitungan pertama dalam sebuah birama adalah not yang
tempatnya setelah garis birama. Contoh:

Not-not
yang dilingkari adalah not-not hitungan pertama. Maka, aba-aba birama
untuk not-not tersebut berupa ayunan tangan ke bawah. Jika diiringi
musik, pada not-not hitungan pertama tersebut jatuh bersamaan dengan
bunyi bas.