Pengen Jadi Supervisor Yang Dihormati Bawahan

Supervisor yang Mendengarkan Pendapat Bawahan


Apa saja yang harus diperhatikan oleh supervisor/manager dalam membangun semangat kerja bawahannya. Beberapa hal di bawah ini mungkin dapat dijadikan pertimbangan jika Anda kebetulan adalah seorang supervisor atau manager.

Jadilah Pendengar yang Baik
Pengen Jadi Supervisor Yang Dihormati Bawahan
  
Carl Rogers, seorang pakar di bidang psikologi, pernah berkata bahwa penghalang yang terbesar untuk melakukan komunikasi pribadi adalah ketidak-sanggupan seseorang untuk mendengarkan dengan baik, dengan penuh pengertian dan perhartian kepada orang lain. Jika Anda diberi tugas untuk membimbing dan melatih seseorang maka hal ini merupakan salah satu hal terpenting yang harus diingat. Ketika Anda sedang berbicara dengan bawahan Anda jagalah agar Anda tidak terlalu banyak bicara, melainkan lebih banyak men­dengarkan keluhan dan masukan dari bawahan Anda.
Kesediaan untuk mendengar akan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengutarakan keinginan dan pendapatnya. Dengan mendengar berarti Anda memperhatikannya, Anda mempunyai suatu perhatian yang konstruktif mengenai masalah yang dihadapi olehnya, di mana mungkin Anda selaku atasan mempunyai alternatif solusi yang dibutuhkan orang tersebut. Dengan demikian akan tercipta rasa aman dan nyaman sehingga bawahan Anda lebih mau terbuka terhadap saran-saran yang diberikan.

Selain itu mendengarkan seseorang yang secara bebas berbicara tentang dirinya sendiri merupakan jalan terbaik untuk mengenai lebih jauh siapa lawan bicara kita tersebut. Meskipun demikian mendengarkan tidaklah selalu berarti bahwa Anda percaya terhadap segala yang Anda dengar. Tentu saja untuk dapat menjadi pendengar yang baik di-butuhkan kesabaran dan kerendahan hati.