Permainan dan Olahraga Bola Besar


Permainan dan Olahraga Bola Besar. Sepak bola merupakan permaikan bola besar yang digemari semua lapisan masyarat di seluruh pelosok. Sepak bola adalah olahraga yang menggunakan kaki dan penjaga gawang bebas menggunakan semua anggota badan. Setiap regu teridir dari 11 orang. Pemenang dalam sepak bola ditentukan oleh regu keseelasan yang memasukkan bola ke gawang lawan lebih banyak. Permainan sepak bola dimainkan selama 2 x 45 menit dengan istirahat 15 menit dan dipimpin oleh seorang wasit dan dibantu dua orang wasit penjaga garis. 

Untuk memainkan bola dengan baik pemain harus bisa mengombinasikan dan mengoordinasikan teknik dasar menendang, menghentikan, menggiring, menyundul bola sesuai dengan kemampuan pemain. Sepak bola hingga sekarang merupakan olahraga idola yang paling banyak jumlah penontonnya. Pada saat ini persepakbolaan Indonesia sedikit meningkat di kancah Asia. 

Sepak Bola 

Hakikat Sepak Bola
Sepak ola dalam permainan sesungguhnya dimainkan di atas lapangan erentuk segi empat dengan ukuran yang sudah ditentukan, yang setiap regunya dimainkan oleh 11 pemain, termasuk penjaga gawang. Permainan ini diatasi dengan waktu 2 x 45 menit, istirahat 15 menit dan di pimpin oleh seorang wasit. 

Teknik Menendang Bola
Teknik Menendang BolaTeknik menendang bola. Menendang bola adalah suatu teknik menyentuh atau mendorong bola yang merupakan faktor dominan dalam permainan sepak bola. Secara garis besar, menendang bola dapat dibedakan menjadi tiga macam. Menendang bola dengan kaki bagian luar Pelaksanaannya adalah sebagai berikut : 


1) Berdiri dengan sikap melangkah, kaki yang berada di depan diletakkan di samping bola, sekaligus kaki tumpu. 
2) Badan agak tegak, lalu kaki yang digunakan untuk menendang adalah kaki belakang dengan pergelangan kaki menghadap keluar. 
3) Ayunkan kaki belakang ke depan mengenai ola dan dikenakan kaki agian luar, sedang sumber gerakan dari paha. Menendang bola dengan punggug kaki. Pelaksanaanya adalah sebagai berikut. 
1) Sikap badan di belakang bola dan condong kedepan, kaki tumpu terletak di samping bola dengan ujung kaki menghadap ke sasaran dan lutut sedikit ditekuk. 
2) Kaki tendang berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap bola, lalu diayunkan ke depan hingga mengenai bola, ketika kaki kontak dengan bola, pergelangan kaki ditendangkan dengan perkenaan tepat pada punggung kaki mengarah pada pertengahan bola. 
3) Pandangan mengikuti arah jalannya bola.