Menggali Ilmu Sambil Nongkrong di Perpustakaan

Lebih Baik Nongkrong Di Perpustakaan Menambah Ilmu

Belajar akan jadi lebih menyenangkan jika kita berkunjung ke perpustakaan. Selain koleksi buku yang lengkap, suasana yang nyaman dan tenang juga membuat kita semakin konsentrasi dalam belajar.
Berikut adalah Perpustakan perpustakaan yang bisa dicontoh sebagai tempat nongkrong

Fadli Zon Library

Fadli Zon, politikus dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia, mempunyai koleksi buku yang banyak banget. Karena itulah, beliau membuat perpustakaan ini. Koleksi bukunya lumayan lengkap dan terdiri atas berbagai genre, juga ada novel dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. Di Perpustakaan ini, kita juga bisa melihat koleksi buku-buku lama dalam bahasa Belanda serta surat kabar edisi lama. Di sini juga disimpan koleksi pribadi lainnya, seperti keris, tombak, wayang, benda-benda seni, dan benda-benda pribadi yang pernah dipakai oleh tokoh ternama di Indonesia, seperti tongkat dan lensa kaca mata milik Bung Hatta. Selain membaca buku, kita juga bisa belajar sejarah ketika mengunjungi perpustakaan ini.
Untuk menikmati buku yang tersedia, kita tinggal datang saja dan enggak perlu menjadi anggota. Sayangnya, buku-buku ini hanya bisa dibaca di tempat. Tapi tenang, gratis, tempat membaca yang nyaman dan tenang akan membuat kita betah berlama-lama di sini. Anda juga bisa langsung kunjungi situsnya Fadli Zon Library.


Fadli Zon Library

 Fadli Zon Library
Fadli Zon Library


Perpustakaan Nasional

Enggak hanya memiliki koleksi buku baru, di perpustakaan ini kita juga bisa melihat koleksi buku, majalah dan koran lama serta naskah kuno. Bahkan di sini juga disimpan koran berbahasa Belanda yang terbit di tahun 1800-an, lho.
Perpustakaan ini mengenal sistem tertutup, yaitu enggak bisa memilih langsung buku yang ingin dibaca. Begitu datang, kita tinggal mencari buku yang ingin dicari di katalog, lalu menyerahkan kode buku ke petugas, jika butuh banget bacaan itu, kita bisa menfotokopi halaman yang dibutuhkan.
Perpustakaan Nasional terdiri atas delapan lantai dengan ruang baca yang tersebar dibebarapa lantai. Tempatnya hening dan nyaman untuk belajar atau diskusi bareng teman-teman. Selain itu, perpustakaan ini juga punya koleksi digital yang lengkap dan bisa diakses dari mana saja.
Perpustakaan Nasional

 Perpustakaan Nasional

Perpustakaan Kemdikbud

Suasana yang tenang akan membuat kita betah belajar di sini. Ditambah koleksi yang super lengkap, termasuk koleksi CD dan DVD. Bahkan ada film juga, lho. Semua koleksi di sini bebas dipinjam dan dibawa pulang selama empat belas hari. Kita juga bisa mendaftar sebagai anggota dan enggak dipungut biaya.
Perpustakaan ini juga menyediakan tempat membaca yang nyaman untuk membaca buku atau mengerjakan tugas kelompok bareng teman-teman. Dan, kalau butuh ruangan untuk diskusi, acara komunitas, atau acara sekolah, di sini juga terdapat beberapa ruangan yang bisa dipakai, selama sudah mengajukan perizinan sebelumnya. Salah satu kelebihan perpustakaan ini adalah adanya mini theater dengan kapasitas 30 orang.
Perpustakaan Kemdikbud

 Perpustakaan Kemdikbud

Perpustakaan Kemdikbud

Perpustakaan Wajib Dikunjungi di Indonesia

  1. Perpustakaan Seoman HS, Pekanbaru. Perpustakaan ini disebut sebagai perpustakaan dengan desain paling baik se-ASEAN, lho. Desain perpustakaan ini merupakan perpaduan antara desain modern dengan desain klasik Melayu.
  2. Rumah Puisi Taufik Ismail, Sumatera Barat. Meski Kecil, koleksi buku sastra diperpustakaan ini lengkap banget. Di dinding juga terdapat poster berisi kutipan puisi Taufik Ismail.
  3. Perpustakaan Gelaran Indonesia Buku, Yogyakarta. Awalnya ini hanya komunitas, kemudian berkembang menjadi perpustakaan yang terbuka untuk umum. Di bangunan ini juga ada Radio Buku, yaitu radio yang semua acaranya hanya membahas soal buku.
  4. Taman Baca Amin, Batu, Jawa Timur. Bentuknya unik karena terbuat dari kontainer sebanyak tujuh buah. Koleksinya lumayan banyak dan bisa dinikmati secara gratis.
  5. Perpustakaan Balai Pemuda Surabaya. Perpustakaan ini mempunyai banyak area kosong yang bisa digunakan sebagai tempat membaca. Koleksi bukunya memang enggak terlalu banyak, tetapi di sini banyak ditemukan buku-buku lama.
Demikian info buat Anda yang ingin nongkrong sambil menimba ilmu. Semoga ada manfaatnya.