Konsep Naskah MC Acara Pengajian Rutin Bulanan

MC Pada Acara Pengajian Rutin


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillahi rabbil ‘alamiin, wash shalatu was salamu ‘alaa asrafil anbiyaai wal mursaliin, sayidinaa wamaulana Muhammaddin wa alaa alihi was sahbihi ajma’iin amaa ba’du: 
Yang percaya kepada yang gaib, 3) yang mendirikan shalat dan yang mendermakan sebagian rizeki yang telah KAMI berikan kepada makluk-makluknya. (3 hal-hal yang abtrak seperti Dzat Allah, Malaikat, hari kemudian dan sebagainya yang Gaib ialah yang tak dapat ditangkap panca indera. Percaya kepada yang gaib yaitu meyakini adanya yang maujud yang tidak dapat ditangkap oleh panca indera, karena ada dalil yang menunjukkan kepada adanya. Seperti : Adanya Allah, Malaikat-malaikat hari akhirat, dan sebagainya. Kepada yang terhormat bapak ketua pimpinan majlis Ta’lim, shahibul bait bapak H. Santoso yang kebetulan mendapatkan giliran ketempatan pengajian rutin pada malam hari ini para bapak, Ibu hadirin dan hadirat sekalian yang saya hormati.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah swt. berkat limpahan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat untuk menghadiri acara pengajian rutin yang diadakan tiap satu bulan sekali, yang kebetulan sekarang berada di rumah bapak H. Santoso Gerbang Syurga Rt. 006/005 Gang Kejujuran, Jl. Istiqamah. Kedua kalinya semoga shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad swt. yang telah membawa agama Islam, sebagai satu-satumya agama yang diridhai Allah swt. yang kita ikuti dan pegang erat-erat hingga akhir hayat kita amim. Hadirin dan hadirat yang berbahagia. Sebagai pembawa acara kiranya perlu saya bacakan susunan acara pada pertemuan pengajian rutin pada malam hari ini, yaitu: 
1. Pembukaan 
2. Pembacaan kalam Ilahi 
3. Sambutan pimpinan Jam’iyah Majlis Ta’lim 
4. Maudhatul Hasanah 
5. Pengumuman 
6. Penutup/do’a 

Pembukaan 
Demikian susunan acara pada pengajian rutin pada malam hari ini, Sebelum kita melanjutkan pada acara berikutnya, marilah kita buka acara ini dengan bacaan surat Al-Fatihah ilaa hadhratin nabiiyyil musthafa Muhammadin saw, wa aalihi wa ashaabihi al-fatihah 

Terima kasih atas bacaan Al-Fathihah tadi, mudah- mudahan acara pada malam hari ini berjalan dangan lancar tanpa ada suatu halangan amiin. 

Pembacaan Kalam Ilahi
Acara yang kedua yaitu pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudari ustadzah A'syiah kepadanya kami persilahkan. 

Terima kasih kami sampaikan, mudah-mudahan pahalanya dilimpahkan kepada kita semua, utamanya kepada Qari’yang membacanya. 

Sambutan Pimpinan Jam’iyah Majlis Ta’lim

Sebelum memasuki acara inti yaitu mauidhatul hasanah, kini marilah kita ikuti terlebih dahulu sambutan pimpinan Jami’ah Majlis Ta’lim, dalam hal ini akan di sampaikan oleh KH. H yang terhormat bapak H. Santoso, kepada beliau kami persilahkan. Kepada bapak H. Santoso kami sampaikan banyak- banyak terima kasih. 

Mauidhatul hasanah 
Kini sampailah kita pada acara inti pada malam hari ini, mauidhatui hasanah yang akan disampaikan oleh yang terhormat bapak Kiai Mansyur kepada beliau kami persilahkan. 

Setelah selesai  Mauidhatul hasanah
MC kembali memegang kendali. 

Kepada yang terhormat bapak kiai kami sampaikan banyak-banyak terima kasih, mudah-mudahan petuah dan nasehat (mauidhatul hasanah) tadi bermanfaat bagi kita semua, amin, Pengumuman Hadirin dan hadirat yang kami hormati. Sebelum memasuki puncak acara yaitu do’a, marilah kita ikuti terlebih dahulu beberapa pengumuman yang akan disampaikan oleh sekretaris jami’ah. dalam hal ini akan disampaikan oleh , bapak Agung Maulana, S. kepadanya dipersilahkan. 

Demikianlah tadi beberapa pengumumam yang telah disampaikan oleh bapak Agung Maulana. S. mudah-mudahan kita dapat memakluminya. Penutup/Do’a Acara demi acara telah kami lalui bersama, kini sam¬pailah kita pada pertemuan malam hari ini, yaitu pembacaan do’a yang akan dipimpin oleh yang mulia bapak kiai namum sebelum do’a dimulai, izinkanlah kami selaku pem¬bawa acara mohon maaf sebesar-besarnya, bila ada kata- kata dan sikap kami yang kurang berknan di hati bapak,ibu, hadirin hadirat sekalian. Kepada yang mulia bapak Kiai persilahkan untuk memimpin do’a sekaligus menutup acara ini. Akirusalam wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Demikian Konsep Naskah  MC Acara Pengajian Rutin Bulanan, lebih dan kurangnya silahkan Pembaca Edit Sendiri.

Naskah Terkait dengan MC :
  • Acara Pernikahan
  • Acara Maulid Nabi Muhammad saw.
  • Acara Syukuran Khitan