PENGAWASAN BARANG BEREDAR DALAM KAITANNYA DENGAN PERLINDUNGAN KONSUMEN MENURUT UU NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG TERLINDUNGAN KONSUMEN
UU RI NO. 8 TAHUN 1999 Tentang PERLINDUNGAN KONSUMEN
- PERLINDUNGAN KONSUMEN ADALAH SEGALA UPAYA YANG MENJAMIN ADANYA KEPASTIAN HUKUM UNTUK MEMBERI PERLINDUNGAN KEPADA KONSUMEN
- KONSUMEN ADALAH SETIAP ORANG PEMAKAI BARANG DAN ATAU JASA YANG TERSEDIA DALAM MASYARAKAT, BAIK BAGI KEPENTINGAN DIRI SENDIRI, KELUARGA, ORANG LAIN MAUPUN MAKHLUK HIDUP LAIN DAN TIDAK UNTUK DIPERDAGANGKAN
PERATURAN PEMERINTAH PP NO 58 TAHUN 2001 Tentang PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN
- PEMBINAAN. PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBINAAN PENYELENGGARAAN PK YANG MENJAMIN DIPEROLEHNYA HAK KONSUMEN DAN PELAKU USAHA SERTA DILAKSANAKANNYA KEWAJIBAN KONSUMEN DAN PELAKU USAHA
- PENGAWASAN. PENGAWASAN TERHADAP PENYELENGGARAAN PK DAN PENERAPAN KETENTUAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGANNYA DILAKSANAKAN OLEH PEMERINTAH, MASYARAKAT, DAN LPKSM
PENGAWASAN BARANG BEREDAR
DASAR HUKUM
A. - PP NO. 58 TAHUN 2001 tentang PEMBINAAN DAN PENGAWASAN PENYELENGGARAAN PERLINDUNGAN KONSUMEN
- PERATURAN MENTERI PERDAGANGAN RI NO. 20/M-DAG/PER/2009 TENTANG KETENTUAN DAN TATA CARA PENGAWASAN BARANG DAN/ATAU JASA
B. PENGERTIAN-PENGERTIAN
BARANG
ADALAH SETIAP BENDA BAIK BERWUJUD MAUPUN TIDAK BERWUJUD BAIK BERGERAK
MAUPUN TIDAK BERGERAK, DAPAT DIHABISKAN MAUPUN TIDAK DAPAT DIHABISKAN,
YANG DAPAT UNTUK DIPERDAGANGKAN, DIPAKAI, DIPERGUNAKAN ATAU DIMANFAATKAN
OLEH KONSUMEN.
C. BARANG
DAN/ATAU JASA YANG BEREDAR DI PASAR ADALAH BARANG DAN/ATAU JASA YANG
DITUJUKAN UNTUK DITAWARKAN, DIPROMOSIKAN, DIIKLANKAN, DI PERDAGANGKAN DI
PASAR TRADISIONAL, PUSAT PERBELANJAAN, TOKO MODERN DAN/ATAU DIPENGECER
LAINNYA, DI PAKAI, DIPERGUNAKAN ATAU DIMANFAATKAN OLEH KONSUMEN TERMASUK
YANG DISIMPAN DI DALAM GUDANG ATAU TEMPAT PENYIMPANAN LAINNYA YANG
BERADA DI WILAYAH REPUBLIK INDONESIA, BAIK YANG BERASAL DARI PRODUKSI
DALAM NEGERI MAUPUN IMPOR.
D.
PENGAWASAN ADALAH SERANGKAIAN KEGIATAN YANG DILAKUKAN OLEH PETUGAS
PENGAWAS UNTUK MEMASTIKAN KESESUIAN BARANG DAN/ATAU JASA DALAM MEMENUHI
STANDAR MUTU PRODUK BARANG DAN/ATAU JASA, PENCANTUMAN LABEL, KLAUSULA
BAKU, CARA MENJUAL, PENGIKLANAN, PELAYANAN PURNA JUAL, DAN KEBENARAN
PERUNTUKAN DISTRIBUSINYA.
E.
PENGAWASAN BERKALA ADALAH PENGAWASAN BARANG DAN/ATAU JASA YANG DILAKUKAN
DALAM WAKTU TERTENTU BERDASARKAN PRIORITAS BARANG DAN/ATAU JASA YANG
AKAN DI AWASI SESUAI PROGRAM.
F.
PENGAWASAN KHUSUS ADALAH PENGAWASAN YANG DILAKUKAN SEWAKTU-WAKTU
BERDASARKAN ADANYA TEMUAN INDIKASI PELANGGARAN, LAPORAN PENGADUAN
KONSUMEN ATAU LPKSM ATAU TINDAK LANJUT DARI HASIL PENGAWSAN BERKALA ATAU
ADANYA INFORMASI, BAIK YANG BERASAL DARI MEDIA CETAK, MEDIA ELEKTRONIK
MAUPUN MEDIA LAINNYA.