Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja Yang Membuat Anda Ingin Resign

Saat Motivasi Berselingkuh dengan Kelesuan


Setiap individu pasti pernah mengalami kebosanan. Kebosanan bisa terjadi di dalam berbagai aspek kehidupan individu seperti pekerjaan, sekolah, bahkan perkawinan. Biasanya rasa bosan ditandai dengan kelelahan, miskin kreativitas, hilangnya minat atau ketertarikan pada sesuatu yang dahulu disukai, malas, lesu, dan berbagai perasaan tidak enak yang jika tidak ditangani dengan cepat dapat menyebabkan individu tersebut mengalami stress bahkan depresi.
Dalam dunia kerja, kebosanan kerja menjadi sangat penting untuk mendapat perhatian mengingat bahwa hal tersebut akan dapat mempengaruhi produktivitas kerja pegawai.

Kebosanan kerja bisa terjadi bukan saja pada pekerja di tingkat bawah (Frontliner) tetapi juga bisa melanda para pekerja di tingkat atas (Managerial Level). Oleh karena itu banyak perusahaan yang melakukan berbagai tindakan pencegahan dengan cara melakukan rotasi kerja, melibatkan pekerja dalam pengambilan keputusan, melaksanakan company gathering, memberikan kesempatan untuk melakukan cuti, dan masih banyak lagi hal lainnya. Semua kegiatan tersebut bertujuan untuk membuat para pekerja tidak merasa bosan dan jenuh dengan kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan sehari-hari. Dari sisi individu, hal-hal apa saja yang harus dilakukan agar dapat terbebas dari kebosanan kerja tersebut ?

Jika Anda sedang mengalami kebosanan dalam bekerja, percayalah bahwa yang merasakan hal tersebut tidak hanya Anda sendiri, orang lainpun pasti merasakannya.

Walaupun demikian, seharusnya anda tidak larut dalam hal tersebut, bahkan berfikiran untuk resign dari pekerjaan hanya karena merasa bosan.

Nah untuk mengatasi kebosanan dalam bekerja tak ada salahnya juga mencoba tip-tips berikut :

1. Luangkan Waktu untuk Rehat Sejenak


Terkadang terlalu fokus dalam bekerja akan membuat orang lupa waktu. Hal tersebut tentunya tidak baik. Karena, jika kita memaksakan otak untuk terus berfikir maka akan mengalami kejenuhan, yang berakibat menurunnya produktivitas kerja.

Sebaiknya, pada saat sudah lelah, luangkan waktu untuk rehat sejenak dengan pergi ke luar ruang untuk menghirup udara segar. Tidak perlu lama, cukup 30 menit saja setelah itu baru mulai bekerja lagi.

2. Cari Tau Apa yang menjadi Penyebab Kejenuhan


Bosan dalam bekerja tentunya ada sebab. Nah, untuk itu Anda perlu identifikasi apa yang menjadi penyebab rasa jenuh tersebut.

Misalnya apakah pekerjaan Anda sedang menumpuk, Deadline yang terlalu singkat ? Rekan Kerja yang tidak mendukung? Gaji Yang Tidak Sesuai ? Suasana Kantor Yang Kurang Baik, Atau Pembayaran Gaji yang Telat?

Setelah mengetahui penyebab dari kebosanan tersebut, Anda bisa mencari solusinya dengan mudah. Seperti, Anda merasa pekerjaan terlalu berat, coba berkonsultasi dengan atasan Anda. Mungkin atasan Anda bisa membantu atau menyuruh karyawan lain untuk menolong.

3. Lakukanlah Hal Yang Menyenangkan Dalam Bekerja


Untuk menghilangkan kebosanan dalam kerja dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti kerja sambil mendengarkan musik kesukaan anda atau bisa juga sambil ngemil.

Seandainya Anda kerjanya cukup santai, Anda bisa menyelinginya dengan main game atau nonton film. Ini hanya bisa anda lakukan bagi yang bekerja di kantoran.

4. Buat Suasana Baru dengan Menata kembali Tempat Kerja Anda


Bekerja dengan suana yang begitu saja selama bertahun-tahun akan memicu kebosanan. Oleh sebab itu rubahlah dekorasi tempat kerja agar terasa berada dalam suasana baru. Dengan demikian akan meningkatkan semangat kerja juga lho.

5. Berusahalah untuk Selalu Berpikir Positif


Seberat apapun pekerjaan yang Anda hadapi, janganlah di jadikan sebagai beban, hadapi dengan santai lakukan saja apa yang bisa dikerjakan.

Dalam situasi bagaimanapun juga, Anda harus bersyukur dengan posisi yang ada sekarang. Karena banyak diluar sana orang yang masih menganggur, udah mondar mandir cara lowongan kerja tapi belum juga ada yang menerima.

Pahamilah hal tersebut. Anda masih termasuk orang yang beruntung bisa kerja. Dengan demikian, Anda tidak akan merasa terbebani oleh pekerjaan yang dilakoni.

6. Jangan Sering-Sering Mengambil Jam Lembur, Gunakanlah Waktu Libur Untuk Bersantai Bersama Keluarga.


Tidak salah juga jika anda sesekali mengambil lembur. Akan tetapi, jika pikiran Anda sedang jenuh dan badanpun sudah benar-benar letih, maka jangan kerja lembur dulu.
Gunakan waktu libur anda untuk bersantai seperti jalan-jalan ke tempat wisata, akan lebih menyegarkan apabila menikmati pemandangan alam.

7. Saling Berbagi Pengalaman Sama Kolega


Disaat pikiran terasa letih dan rasa jenuhpun datang menerpa, cobalah anda ngobrol-ngobrol sama kolega Anda di kantor. Anda bisa bagi pengalaman dengan mereka. Ngopi bareng sambil bercanda dengan rekan-rekan kerja satu kantor juga akan menghilangkan kejenuhan. Hal ini akan lebih baik dari pada Anda hanya berfokus di depan layar komputer saja.

8. Berolahraga Bareng

Jika bosan telah datang melanda, sebaiknya anda segera melakukan olahraga baik secara sendiri ataupun rame-rame. Dengan berolahraga badan jadi sehat apalagi olahraga dilakukan secara berkelompok. Salah satu contohnya adalah olah raga Badminton, atau lari pagi dan masih banyak lagi olahraga lainnya.

9. Melakukan Hobi Yang Disenangi


Kerja sekian lama tanpa di selingi dengan melakukan hobi tentulah akan membuat kita jadi bosan. Alangkah baiknya di waktu libur anda gunaka untuk melakukan kegiatan yang anda senangi atau hobi. Misalnya bagi kamu yang hobinya mancing pada saat libur gunakan untuk memuaskan hobimu. Begitu juga bagi kamu yang hobi membaca silahkan gunakan waktu luang untuk membaca yang kamu sukai.

Kesimpulan :


Kejenuhan dalam bekerja pasti akan di ditemui oleh setiap orang. Maka dari itu agar tidak jenuh dalam bekerja maka cintai lah pekerjaan yang sedang anda lakukan. Walaupun jenuh itu pasti datang hendaknya harus cepat-cepat untuk mengatasinya.

Demikian artikel Tentang Cara Mengatasi Kejenuhan Dalam Bekerja semoga ada bermanfaat. Jika anda punya solusi lain silahkan isikan dalam kolam komentar.